Sabtu, 05 Maret 2016



TIPS TIDUR NYENYAK


Jika anda memiliki kesulitan untuk tidur dengan nyenyak, mungkin anda perlu mengubah kebiasaan anda. Di bawah ini adalah tips - tips yang mungkin bisa anda lakukan untuk bisa tidur dengan nyenyak.



1. Kafein



Kafein yang terdapat di dalam kopi dan teh hitam memang lazim kita minum pada pagi atau sore hari. Bahkan karena berpendapat bahwa kopi tidak berpengaruh apapun, kadang orang minum kopi pada waktu menjelang tidur. Padahal, ada efek yang tidak disadari, yaitu menjadi letih saat bangun tidur. Celakanya, orang lantas mencoba menghilangkan rasa lelah, letih dan kurang segar itu dengan minum kopi. Jangan minum kafein setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Jangan pula meremehkan kafein pada produk lain seperti minuman ringan, penambah energi, dan sebagainya.


2. Berolahraga







Olahraga memamg perlu tapi jika itu dilakukan dekat-dekat waktu tidur akan membuat Anda tidak bisa beristirahat dengan enak. Olahraga bukan hanya membuat kita merasa lelah, tapi organ-organ tubuh seperti otak,jantung dan lain-lain akan terstimulasi menjadi aktif, sehingga membutuhkan waktu untuk pendinginan. Lakukan latihan lebih awal, kalau bisa pagi hari, 30-45 menit 3-4 kali seminggu.


3. Menjadwalkan waktu tidur



Menjadwalkan tidur anda secara teratur juga merupakan hal yang penting dalam mendapatkan tidur berkualitas. Hindari hari ini anda tidur pukul 10 malam, keesokan hari pukul 12 malam dan keesokan harinya lagi pukul 9 malam. Keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh anda berjalan baik.

4. Mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur




Jangan makan berat sebelum tidur, disarankan makan makanan ringan untuk makan malam. Perut yang sangat penuh dapat membuat anda kesulitan untuk tidur. 

Jika masih merasa lapar, disarankan mengemil buah-buahan saja dibanding ’junk food’. Riset membuktikan makan cepat dan ringan sebelumnya bisa membuat tidur lebih nyenyak.


Lakukan sekitar 30 menit sebelum tidur dan hindari makanan yang mengandung MSG.






5. Makan makanan pedas dan berlemak 




Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makan sebelum tidur itu memang tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan lambung.

Apalagi makan pedas atau berlemak yang akan membuat asam lambung meningkat apabila makan sebelum tidur.




6. Minum susu hangat 





Anda telah diberitahu sejak kecil untuk minum segelas susu hangat sebelum tidur, ada alasan ilmiah yang baik di balik itu. Asam amino tryptophan dalam susu membantu tubuh memproduksi hormon yang dibutuhkan untuk tidur malam yang tenang ini. Terlebih lagi, susu juga kaya akan kalsium dan merupakan sumber protein. Tidak heran tetap salah satu belum panas minuman sederhana terbaik sebelum tidur. 


7. Minum teh hangat sebelum tidur




Teh chamomile adalah salah satu teh herbal yang terbuat dari bunga chamomile. Jika anda tidak ingin mengkonsumsi susu sebelum tidur, teh chamomile yang menenangkan adalah pilihan yang sangat baik. Ini membantu anda tenang, dengan santai saraf dan menenangkan perut, mempromosikan tidur besar, damai malam. Untuk hasil terbaik, minum secangkir teh tanpa gula chamomile sekitar 30 menit sebelum tidur.





Teh peppermint, sama seperti teh chamomile, teh peppermint adalah jenis lain dari teh herbal yang secara alami membantu kesusahan tubuh. Jika Anda memiliki sebuah wawancara ujian atau pekerjaan hari berikutnya, itu dianjurkan untuk memiliki secangkir teh herbal lezat dan menyegarkan ini - itu akan menenangkan perut Anda, mengurangi mual dan mengurangi kecemasan.


8. Jangan merokok






Merokok bukan hanya akan mengganggu kesehatan, tapi juga membuat Anda terjaga. Riset menunjukkan perokok berat memiliki risiko lebih tinggi memgalami insomnia dibanding bukan perokok.

9. 
Berjalan kaki pada pagi hari







Anda mungkin tidak memiliki kesulitan untuk tidur nyenyak. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa jalan kaki pada pagi hari bisa membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Mengapa? Ini merupakan rangkaian pembentukan jam biologis Anda. Seperti halnya ritual menjelang tidur, jalan kaki, atau naik sepeda bisa membentuk ritme tubuh kapan harus tidur dan bangun.

10. Mematikan lampu kamar



Sangat disarankan jika kita tidur dalam keadaan kamar yang gelap. Hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat kita beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh kita. Biasanya jika ruangan tempat kita beristirahat dalam keadaan gelap, tidur kita akan nyenyak dan jarang sekali terjaga.

11. Kondisikan ruangan dan kasur anda senyaman mungkin.



Jika seringkali terbangun hanya untuk mematikan AC atau kipas angin karena kedinginan, hal tersebut jelas sangat mempengaruhi kualitas tidur. Aturlah timer pada AC / kipas angin tersebut atau jika tidak terdapat timer, pastikan anda menyelimuti diri anda sebelum tidur sehingga anda tidak terbangun di tengah malam untuk mematikan AC atau kipas angin. 

Jika kasur sudah terlalu tua untuk gunakan, pada bagian tengahnya sudah lebih kempis dibandingkan sisi-sisinya, disarankan anda untuk menggantinya dengan yang baru, yang akan menopang tubuh anda lebih baik sehingga anda merasa jauh lebih nyaman selama tidur. Hal ini biasanya terjadi pada kasur yang berisikan kapuk. Model ‘spring bed’ jarang sekali terjadi.


12.   Menonton televisi




Sebagian orang mungkin dapat tidur apabila menghidupkan televisi dan mengatur alarm beberapa menit selanjutnya untuk mati otomatis. Namun perlu diingat, menonton televisi dapat menganggu kenyamanan tidur anda. Berita-berita yang negatif seperti halnya kejahatan ataupun film horor dapat mengacaukan pikiran anda. Hal yang dipikirkan tersebut akhirnya membuat anda susah untuk tidur.

13. Jangan minum obat maupun suplemen




Minum obat atau suplemen setiap hari sebelum tidur juga akan mempengaruhi kualitas tidur anda. Karena ada beberapa obat maupun suplemen yang membuat tubuh menjadi terjaga dengan kata lain tidak membuat kantuk. Sebaiknya dalam minum obat maupun suplemen dikonsultasikan dengan dokter sehingga tepat dalam penggunaannya.

14. Posisi tidur




Posisi tidur juga mempengaruhi kualitas tidur. Beberapa posisi tidur yang yang menjadi faktor tidur nyaman anda. 



1. Tidur terlentang



Posisi ini bagus untuk menyeimbangkan berat badan, menjaga keselarasan organ tubuh bagian dalam, dan baik untuk mencegah sakit punggung (tulang belakang) atau leher. Hal ini karena punggung dan tulang belakang bisa didukung dengan baik oleh kasur Anda. Dalam posisi sempurna, orang akan tidur terlentang tanpa menggunakan bantal, karena hal ini membuat leher dalam posisi yang netral. Tidur terlentang dengan bantal yang terlalu tinggi bisa menyulitkan jalannya pernafasan.

Namun, orang yang memiliki kecenderungan mendengkur dan sleep apnea tidak diuntungkan dengan posisi tidur terlentang. Bahkan dokter akan menyarankan untuk tidur miring bagi orang yang memiliki masalah kesehatan ini. Saat tidur terlentang, efek gravitasi akan membuat pangkal lidah turun ke saluran pernafasan, sehigga menghambat jalannya udara dan menimbulkan suara dengkuran yang lebih keras. 

2. Tidur Tengkurap


Tidur dalam posisi ini akan banyak menolong untuk orang dengan masalah sleep apnea atau mendengkur. Tetapi, posisi ini secara umum dianggap sebagai posisi tidur yang paling buruk. Ini akan membuat mendatar posisi kurva yang alami pada tulang belakang, yang bisa menyebabkan sakit nyeri punggung bagian bawah. 


Tidur sepanjang malam dengan kepala menghadap ke satu sisi juga menganggu keselarasan tulang leher. Jika ini adalah posisi yang diinginkan, cobalah menggunakan bantal untuk secara bertahap melatih tubuh supaya bisa tidur di salah satu sisi. Posisi ini juga bisa mengerahkan tekanan yang tidak perlu pada saraf Anda, yang akan menyebabkan kesemutan ketika Anda bangun.

3. Tidur miring


Tidur miring dengan lutut yang ditekuk mirip posisi janin dalam kandungan, bisa mengurangi ketegangan pada punggung. Sangat penting menggunakan bantal untuk menjaga kepala dalam posisi netral, sehingga kepala tidak turun dan mempengaruhi tidur Anda. Keuntungan dari tidur dalam posisi miring adalah mengurangi sakit mulas dan asam lambung bagi yang memiliki masalah ini. Sebagian besar orang mengaku lebih nyaman dengan tidur miring, dengan kaki ditekuk atau lurus sejajar.

Dokter menyarankan bagi wanita yang sedang hamil untuk tidur miring ke kiri, karena dikatakan bisa meningkatkan sirkulasi darah ke jantung, yang bagus bagi kesehatan ibu dan bayi. Tidur terlentang pada saat hamil akan memberikan tekanan pada punggung bagian bawah yang bahkan dapat menyebabkan pingsan. Perlu diingat tidur miring ke kiri biasa membuat tekanan pada perut dan paru-paru (tidur miring secara bergantian sering bisa membantu mencegahnya).

Tidur meringkuk dengan lengan berada di belakang kepala adalah posisi tidur yang umum, tapi mungkin bisa mempengaruhi otot dan saraf. Menempatkan kepala atau seluruh tubuh pada satu lengan bisa membatasi aliran darah dan menekan saraf, yang bisa menghasilkan rasa sakit seperti tertusuk-tusuk atau mati rasa (kesemutan). Tidur dalam posisi ini akan menyebabkan bahu mendukung lebih banyak berat badan tubuh, 
yang bisa menyempitkan leher dan otot bahu.

Tidur miring ke kanan juga memiliki banyak kelebihan, seperti :

a. Dapat mengistirahatkan otak kiri 
b. Jantung akan bergerak lebih lamban dan tidur akan lebih nyenyak
c. Mengistirahatkan lambung yang bekerja seharian untuk mencerna makanan
d. Mengoptimalkan waktu penyerapan gizi
e. Melancarkan susah buang air besar

Baik tidur miring ke kanan atau kiri tentu memiliki kelebihan masing - masing. Kedua posisi tersebut memberikan efek medis yang berguna untuk dapat tidur dengan nyenyak.


Baik manfaat atau kerugian bagi kesehatan, orang umumnya tidur dalam posisi 
yang menurut mereka paling nyaman. Kenyamanan adalah yang utama!!!
Kecuali dokter telah menyuruh Anda untuk tidur dengan posisi tertentu yang sesuai dengan kondisi Anda, mungkin itu yang terbaik dan harus terus Anda lakukan.



#Sumber dari berbagai situs..


   SEMOGA MEMBANTU!!! :D







Tidak ada komentar:

Posting Komentar